Selasa, 28 Januari 2014

Welcome 2014...New Year, New Hope, New Action !!!



Wowww,, it's been so long since i wrote my blog a year ago. Entah kenapa tiba-tiba jadi pengen nulis gitu di blog pas awal tahun, biar dibilang antusias menyambut tahun baru dan ada resolusi yang ingin dicapai di tahun 2014 (aihhhh.....) Sebenernya banyak banget misi yang gue targetin agar bisa kesampean di tahun ini, contohnya nih.. status di KTP tuh udah berubah dari "Single" jadi "Ganda Campuran", hahahahha.. atau ancang-ancang rencana pengen investasi atau bisnis gitu selain punya pekerjaan rutin, dagang cendol kek, bubur kek, apa kek, yang penting halal. (amienn...)

Tapi yang jelas harapan gue di tahun yang baru, gue bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi daripada tahun sebelumnya (katanya artis-artis sih gitchu..) Ammiieennnn....

So, gue harus dan kudu nentuin dulu nih step by step hal-hal apa yang mau gue lakuin atau capai di tahun 2014 (ehemm..ehemm..sambil pake kacamata kuda)

                                                       1. Flashback
  Disini maksudnya Flashback (bukan Flashdisk ya) adalah gue kudu inget-inget lagi hal-hal yang dilakuin taon kemaren dan misi apa yang belum kesampean, maksudnya sih biar sesuatu yang belum selesai di tahun kemaren bisa dijadiin pelajaran agar nggal keulang lagi di tahun berikutnya. It doesn't mean kita harus inget semuaaa detail kecil sampe yang paling kecil kayak bentuknya upil (iuhhhh....)yang terjadi di tahun 2013. 




2. Tentukan Misi 
    Buat list hal apa yang mau dilakuin di tahun 2014 (bukan list belanja yah..) Jangan sampe di tahun baru kayak kehilangan arah dan gairah karena ngga ada sesuatu hal yang pengen kita capai. Sayang banget kan dalem 1 tahun 365 hari gue harus ngelakuin rutinitas seperti biasa. Ibaratnya monoton..ton..ton..ton.. So, misi yang udah aku pikirin dan berharap bisa terlaksana yaitu

  • Karir. Sebenernya gue masih terhitung baru jadi pegawai di salah satu perusahaan BUMN di Indonesia. Walaupun belum bisa secepat itu untuk duduk di singgasana direksi, KADIV, GM, dan Manajer, seenggaknya motivasi dan kinerja aku bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Minimal, penilaian semesterku dapet nilai yang OPTIMAL (^o^) untuk setiap semesternya karena ngaruh banget nih di jenjang karir jabatan dan BONUS  pastinya.
  • Nabung. Penting banget bagi aku buat mikirin rencana untuk save money karena tahun lalu rada kebablasan (shopping terooss...).sale sana sini, instagram juga barangnya lucu-lucu, aaaarrgghhh,,,,dilemaa (sambil acak rambut tetangga), jadinya godaan tuh datang silih berganti,,kalo ngga dibeli bakal kemimpi terus, dibeli juga ujungnya kantong jadi kurus.. duhh,, harus dikurangi deh di tahun 2014 ini, biar ngga keterusan belanja. Jadi, Harus, Mesti, en a na be u bung.. MENDUNG !! ehh, Nabung (LOL). Maksudnya sih biar kita ada dana cadangan kalo seandainya ada sesuatu yang mendesak, atau juga kalo mau investasi biar cepet kaya kayak sosialita yang ada diluar sana (Pake Kacamata frame lebar ala victoria bEchkam).
  • Investasi. Nah,, yang  satu ini korelasi banget sama poin ke dua. Bayangin deh (muka serius)..Gimana bisa investasi coba kalo ngga ada modal, trus gimana punya modal kalo ngga ada duit, dan gimana ada duit kalo pegawai biasa kayak aku gini ngga nabung ?? nah lo,, nah lo,, udah dibilangin kan nabung itu penting bingits,, kalo ngga dari sekarang direncanain, duitnya ngga bakal ngumpul keleus (hahah,, gaya ababil jaman sekarang) ujungnya ngga bisa make invesment for the future dan batal jadi sosialita deh (ditonjok rame-rame) 
  • Married. (ehem-ehem..) Yah sebagai makhluk tuhan yang paling seksi (digetok pake sendok garpu) atau lebih tepatnya makhluk yang beragama (muslim) kita tuh kudu melaksanakan sunah rasul yaitu mencari pasangan hidup. Ngga bisa dipungkiri lah, kita tuh butuh banget temen untuk berbagi, bukan cuma berbagi makanan minuman yah cyin.. tapi bisa juga pasangan kita itu jadi tempat berbagi cerita, berbagi bahagia, berbagi kesedihan, kesulitan dan lain-lain. Kalian bisa tebak lah gimana kalo kita cuma hidup sendiri, makan sendiri, minum sendiri trus nyuci baju sendiri ( style dangdut amat yak..) sampe kita tua dan renta. oh nooo... jangan sampe ya allah, baim mohon ya allah (sambil bersimpuh). Gue masukin di dalam misi tahun 2014 karena mengingat umur yang udah ngga muda, remaja dan jelita kayak anak SMA, bukan berarti takut ngga laku ya girls tapi jaga-jaga agar ngga kebablasan menjomblo. Banyak kan kayak wanita-wanita di ibukota yang terlena (aihhhh....) karena keasyikan kerja, ngejar karir trus having fun menikmati masa jaya nya dia, ujungnya malah kelupaan untuk nikah. nah,, aku ngga mau tuh kayak gitu.. sebaiknya kalo memang kita udah ketemu orang yang tepat yaa segerakan aja, biar cepet sah dan bisa punya baby yang unyu-unyu kayak akyuu (wakakakak). lagian kasian anak ku nanti kalo misalnya nih..aku nikah umur 30 trus langsung punya anak berarti ketika aku umur 40, anakku masih 10 tahun atau aku udah umur 50 tahun anakku baru mau kuliah di umur 20 tahun. duhh,, kayaknya ngga deh. Mending kalo antara ibu sama anaknya tuh jaraknya ngga begitu jauh, jadinya kan bisa kompak dan ngga tua-tua banget muka aku ketika anakku udah mulai sekolah (hihihihi..)

3. Bikin target
   Setiap Plan atau rencana akan lebih baik kalo kita punya target tenggat waktu atau bahasa kerennya Workplan Timing. Tujuannya sih biar bisa ngeliat progress dari plan yang pengen kita selesain di 2014 ini. Misalnya nih yaa..Tahun 2014, gue harus nabung dengan target nominal tabungan sekitar 30 Juta. Nah disini nih pentingnya bikin target tenggat waktu, aku netapin waktu nabung dari awal januari sampe akhir desember 2014 which is (sok keren) dari 12 bulan aku harus bisa bagi-bagi modal nabung tiap bulannya. Misalnya gaji aku itu setiap bulan 3,5 Juta dan bonus pertahun rata-rata 15 Juta, untuk keperluan sehari-hari, kost, beli pulsa, bayar tivi, belanja-belinji dll setidaknya bakal keluar duit perbulan 2 Juta berarti yang harus kamu tabung ya sisanya 1,5 Juta tapi nabung itu jangan di akhir bulan ya girls, itu sih bukan nabung jatohnya tapi duit sisa.. hahhaha,, jadi usahain nabung itu di awal kita dapet pemasukan sehingga ngga ada lagi tuh istilah kepake lah, atau apalah. Balik lagi, dari 1,5 juta yang kita tabung tiap bulan (1.5 juta x 12 = 18 juta) ditambah dengan bonus dari kantor per tahun sekitar 15 Juta. Kalkulasinya (18 Juta + 15 Juta = 33 Juta). Finally, kamu bisa mencapai target tabungan yang kamu mau bahkan bisa lebih. Kalo aku sih jika ada selisih lebih pasti aku pake buat happy-happy, anggaplah buah manis atas kerja keras aku nabung alias hemat selama setahun. Yang penting target kita menyesuaikan dengan pemasukan rutin kita dan harus kalkulasi secara tepat dan ngga menyengsarakan diri sendiri, jangan sampe pengennya nabung banyak tapi duit untuk sehari-hari malah sedikit yang berujung pada menu kita yang berubah hanya jadi tahu tempe dan ind*mie (alamaakk..)

4. Plan B
    Rencana Cadangan. Sebenernya ada tipe-tipe orang yang punya rencana cadangan dalam setiap hal yang dikerjakan. Terkadang ada orang yang menganut Mazhab "ngalir aja" , istilahnya jalani apa yang ada aja (go with the flow) menurut mereka ya segala sesuatu udah ada yang atur (tuhan-red) jadi ya tinggal ngikutin aja nasibnya kemana tapi menurutku sih setiap orang seharusnya ada rencana cadangan jika hal yang ngga diharapkan terjadi dan menggagalkan impian atau tujuan kamu. 

    
    

5. Konsisten

6. Do Your Best

7. Berdoa 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar